Agar Tidur Anak Nyaman

Untuk mendisiplinkan waktu tidur anak, tidak harus selalu memberinya jadwal yang ketat. Menciptakan kebiasaan tidur yang baik juga dapat diupayakan untuk membiasakan anak tidur teratur. Hal-hal berikut bisa Anda lakukan agar anak bisa tidur dengan nyaman.

1. Berganti pakaian. Memakai piyama atau baju tidur yang nyaman akan menciptakan persepsi, sudah waktunya tidur. Usahakan baju yang dikenakan saat tidur berbeda dengan yang digunakan sehari-hari.

2. Ritual bersihkan badan. Selain baik bagi kesehatan, mencuci muka dan kaki sebelum tidur juga baik untuk menyiapkan anak segera tidur dengan nyaman dan bersih.

3. Menggosok gigi. Kebiasaan ini tentu sangat baik dilakukan sebelum tidur, selain juga dapat menurunkan risiko terbentuknya plak gigi.

4. Berdoa sebelum tidur. Selain untuk membiasakan diri beribadah, berdoa dapat menambah rasa aman dan tenang sebelum tidur.

5. Membacakan dongeng. Buku cerita atau dongeng yang bernilai moral baik dapat memberi pengaruh baik pada perilaku anak. Namun, jika setelah didongengi anak belum juga tidur, jangan tunggui sampai ia tidur.

6. Siapkan keperluan sekolah. Anak tak perlu bangun terlalu pagi dan terburu-buru sarapan atau ke sekolah bila keperluannya sudah disiapkan semalam sebelum tidur.

[Kompas.com]

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s