Tepung yang Aman Dikonsumsi untuk ABK

Tepung Tapioka, Tapioca Starch

Dibuat dari pati singkong /cassava. Nyaris tidak mengandung protein dan gluten-free sehingga cocok untuk mereka yang memiliki problem Coeliac (semacam gluten-intolerance). Sering digunakan untuk pengental pada tumisan karena efeknya bening dan kental saat dipanaskan. Tidak cocok untuk gorengan karena menyerap minyak dan mengeras setelah dingin beberapa lama. Selain pengental, juga untuk pengenyal pada bakso, pengganti sagu pada pempek, juga sebagai bahan baku krupuk. Ada juga yang mebuat cendol berbahan tapioka. Untuk kue kering bisa saling menggantikan dengan Tepung Sagu maupun Tepung Ararut. Kue kering yang terkenal dan terbuat dari ketiga jenis tepung ini adalah “Kue Semprit”. Pada skala industri, tepung tapioka termodifikasi (modified tapioca starch) dipakai untuk pengental/stabilizer aneka saus.

Corn Starch (Tepug Maizena)

Corn starch yang lebih dikenal sebagai tepung maizena yang terbuat dari pati jagung dan umumnya dipakai sebagai bahan utama pada custrsd. Tepung maizena biasanya juga dipakai sebagai bahan pengental pada sup maupun saus, memberi tekturs lembut dan halus pada sponge cake dan puding, serta memberikan efek renyah pada kue kering.

Tang Flour/Wheat Starch (Tepung Tangmien)

Tepung ini biasa dipakai untuk kulit aneka hidangan steamed dumplings/dim sum karena karakteristiknya yang halus, lembut dan transparan sangat cocok untuk sajian berkelas yang mengutamakan rasa dan penampilan. Tidak banyak yang tahu bahwa tepung ini sesungguhnya by-product dari pembuatan gluten. Caranya: tepung terigu (khususnya jenis protein tinggi) diuleni dengan air hingga kalis, lalu direndam beberapa lama dan dicuci berulang-ulang sehingga didapat gumpalan gluten. Air cucian gluten ini mengandung endapan pati dengan kandungan protein yang sangat minim nyaris nol. Endapan ini dikeringkan menjadi Wheat Starch/Tepung Tang Mien, dan karena proses glutenisasi maka tepung ini menjadi gluten-free.

Tepung Beras, Rice Flour

Tergolong gluten-free, dibuat dari beras yang ditumbuk (bukan pati beras yah). Banyak dipake pada kue tradisional (kue mangkok, kue talam dan lain-lain), atau pelapis pada gorengan karena efeknya renyah. Dengan pengolahan yang lebih lanjut, tepung ini menjadi bahan baku pembuatan bihun atau rice vermicelli. Di Vietnam juga dipakai sebagai bahan pokok pembuatan Banh Trang, alias rice paper, semacam kulit lumpia yang tipis untuk spring roll ala Vietnam.

Tepung Hunkwe, Tepung Kacang Hijau, Mungbean Flour

Tergolong gluten-free. Di Indonesia biasa dipakai untuk kue tradisional seperti Puding Hunkwe, Kue Cantik Manis, Nagasari Hunkwe, Es Cendol.

Tepung Garut, Tepung Ararut, Arrowroot Flour

Tergolong Gluten-free. Umbi garut (masuk keluarga talas, cmiiw) yang sudah diparut diberi air, disaring dan endapannya dikeringkan lalu dihaluskan/diayak menjadi tepung garut. Karakter tepungnya antara kanji dengan sagu. cookies jadi renyah, dan melembutkan cake. Banyak dipakai untuk kue semprit, seperti halnya Tepung Sagu.

Tepung Ketan, Glutinous Rice Flour

Tergolong gluten-free. Dibuat dari beras ketan, dengan cara yang sama seperti bikin Tepung Beras. Sifatnya lebih liat dan kenyal daripada Tepung Beras. Umum dipake pada kue-kue tradisional khas Indonesia seperti onde-onde, getas, putri mandi, opak, kue bugis, Bolu Kukus Ketan Hitam dan lain-lain.

Tepung Sagu, Sago Flour, Sago Starch
Tergolong tepung yang gluten-free. Dibuat dari bagian tengah pohon sagu atau pohon aren (sehingga kadang-kadang disebut sagu aren). Bagian tengah pohon ini dikeruk, dihaluskan, campur air dan didiamkan hingga mengendap. Endapannya dikeringkan dan dihaluskan atau dibentuk lempengan menjadi keping sagu yang populer untuk bubur, menjadi makanan pokok di banyak wilayah di Indonesia Timur.
Tepung Sagu punya karakter mirip Tepung Tapioka, tetapi lebih “kering”. Selain untuk bubur, empek, krupuk dan Kue Semprit, juga menjadi bahan utama pembuatan “Kue Bagea”, sejenis kue kering dari Ambon dan sekitarnya. Sagu Mutiara perupakan produk dari tepung sagu yang dibentuk menjadi butiran-butiran kecil, dipakai untuk bubur dan pelengkap aneka minuman. Di pasaran luar negeri, sagu mutiara disebut “Sago Pearls”, ada juga yang dibuat dari tapioca dan disebut “Tapioca Pearls”. “Sagu Tani” merupakan merk tepung sagu dengan kualitas sangat bagus dan harganya relatif lebih mahal daripada tepung sagu biasa.

Sumber: http://kudapanspesial.wordpress.com/2011/03/15/tepung-yang-aman-dikonsumsi-untuk-abk/

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s