Mewaspadai Manisnya Gula

Bahan makanan yang satu ini, selain sifatnya ringan yakni mudah dimakan kapan saja, di mana saja, juga dapat diolah menjadi makanan olahan yang memikat para penikmatnya. Tengoklah permen dengan balutan warna-warni yang menggugah selera, rasa yang penuh sensasi di tambah lagi iklan yang kadang terlau ekploitis, mengakibatkan nilai gula menjadi meningkat di kalangan penikmatnya.

Tapi waspadalah, sebenarnya gula dan berbagai produk olahannya, termasuk ke dalam bahan makanan yang “miskin” zat gizi. Kadar gizi terbesar dalam gula disumbang oleh karbohidrat murni (refinet carbohydrate), yakni kelompok zat gizi yang sangat mudah dicerna oleh tubuh dan menghasilkan energi serta karbondioksida secara relatif sempurna.

Gula adalah bahan makanan yang memiliki efek stimulasi terhadap jamur/yeast. Padahal bagi penyandang autis, pertumbuhan jamur ini perlu dihambat, karena apabila jamur dibiarkan berkembang-biak maka dia akan menyebabkan kebocoran pada usus sehingga zat-zat toksin (racun) yang ada dalam usus yang semestinya terbuang, bisa menerobos masuk langsung ke otak sehingga mengakibatkan gangguan autistik.

Gangguan autistik ini antara lain ditandai dengan adanya gangguan/masalah pada bidang: komunikasi, interaksi sosial, dan minat. Selain itu, bisa juga terdapat masalah pada sensasi (indera) dan fungsi adaptif. Hal-hal tersebut menyebabkan tingkat perkembangan/kemampuan penyandang autis semakin lama akan semakin jauh tertinggal dari anak seusianya.

Konsumsi gula bagi penyandang autis akan menjadi sesuatu yang mutlak untuk dihindari, mengingat efek yang ditimbulkan lebih banyak negatifnya. Pengertian gula di sini tidak hanya untuk gula murni, tetapi juga termasuk pada gula hasil prosesannya.

Sumber: koran Anak Spesial

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s