Otak manusia

Manusia dan semua hewan mempunyai otak. Namun ada yang menyebabkan otak manusia begitu istimewa. Otak manusia adalah produk evolusi yang tak terhitung lamanya. Otak manusia terbagi dalam 3 lapisan. Lapisan terluar disebut neo-cortex. Lapisan tengah adalah limbic system. Lapisan terdalam ialah brain stem (batang otak).

1.  NEO-CORTEX — CEREBRAL CORTEX
90% otak manusia terdapat di dalam lipatan kortek cerebral,  disebut juga sebagai neokorteks karena evolusinya yang lebih muda. Di bagian ini berlangsung seluruh fungsi tatanan yang lebih tinggi dan hal ini yang membedakan kita dengan hewan. Neokorteks dihubungkan dengan batang otak oleh struktur subkortikal yang mengatur aktivitas hormon dan emosi primitif. Korteks cerebral dibagi menjadi belahan kanan dan kiri, dan setiap belahan pada gilirannya menjadi sturktur besar yang disebut lobus.Fungsi Neokorteks : Walaupun hemisfer kanan dan kiri serupa dalam hal menerima dan menganalisis informasi sensoris, ada perbedaan fungsional penting di antara keduanya. Secara klasikdan umum, hemisfer kiri cenderung lebih analitik dan merupakan pusat umum bahasa verbal dan proses matematika. Hemisfer kanan berfungsi dalam cara yang lebih abstrak dan holistik, sebagai pusat pemikiran nonverbal dan persepsi visual-spasial. Namun untuk bisa berfungsi dengan baik, kedua hamisfer harus bisa berinteraksi secara intim dan terkoordinasi. Hal ini dimungkinkan dengan adanya penghubung kedua hemisfer tadi, yaitu Corpus Callosum. Dari segi historis, neokorteks adalah yang termuda dan munculnya relatif belakang. Dengan neokorteks, manusia dapat mengembangkan bahasa, mencipkatan ideologi dan agama dan membangun peradaban.

2.  SISTEM LIMBIK : PUSAT EMOSI
Di bawah neokorteks terdapat struktur subkortikal, yaitu talamus, hipotalamus dan struktur otak tengah. Struktur subkortikal ini terlibat dalam pendukung kehidupan dasar, pengaturan hormon dan emosi primitif. Mereka berperan penting dalam menghubungkan tubuh dengan neokorteks. Sekelompok struktur yang disebut sistem limbik, terhubung dengan aspek komplek dari ekspresi emosional.
Fungsi sistem limbik : Sistem limbik merupakan wilayah emosi dan selera. Selera untuk makan dan seks, emosi-emosi dari rasa gembira, marah, sedih dan cinta timbul di dalam sistem limbik. Mekanisme untuk mengontrol kelima panca indera juga merupakan fungsi sistem limbik. Dengan perkembangan yang cepat dari neokorteks manusia, sistem limbik mengecil dan kurang berkembang dibandingkan pada hewan. Bila kita dapat mempelajari cara memanfaatkan kemampuan sistem limbik, kita akan lebih siap mengontrol emosi, menghasilkan reaksi emosi yang tepat dan konstruktif.

3.  BATANG OTAK : PENJAGA KEHIDUPAN
Walau ukurannya kecil memanjang dan terletak di bawah otak besar, tetapi fungsi dan peranannya sangatlah penting. Mengapa sangat penting?  Di sinilah tempat kendali dari fungsi otonom tubuh seperti sistem pencernaan, sistem pernafasan, dan sekresi hormon. Bisa dibayangkan bila batang otak mengalami kerusakan, maka seluruh fungsi otonom berjalan tidak karuan.

Sumber: http://jelajahfisio.blogspot.com

About these ads
This entry was posted in Kesehatan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s